Menteri Siti Ajak Masyarakat Pantau Langsung Titik Api

admin 13:43:30 Lingkungan Hidup dan Kehutanan
img

Salah satu indikator deteksi dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah hotspot (titik api). Data hotspot yang bersumber dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ini menjadi acuan untuk publik. Data hotspot tersebut dapat diakses dengan mudah melalui website sistem monitoring KLHK yaitu http://sipongi.menlhk.go.id atau aplikasi “Sipongi – Laporan Titik Panas” yang dapat diunduh melalui gawai android.
 
Melalui media inilah, masyarakat dapat memantau langsung perkembangan hotspot di seluruh wilayah Indonesia, khususnya yang berada pada lokasi-lokasi rawan karhutla. Hal ini juga dilakukan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya yang secara rutin memantau perkembangan hotspot melalui teknologi aplikasi dari smartphone android yang dimilikinya.
 
“Berdasarkan data pantauan Posko Pengendalian Karhutla KLHK, selama Januari 2018, terdapat 33 hotspot. Meskipun jumlah ini lebih rendah dibandingkan tahun 2017 sebanyak 101 titik, dan tahun 2016 sebanyak 199 titik. Walaupun lebih kecil, tapi tetap harus diwaspadai," tegasnya.
 
Berita selengkapnya disini
 
Sumber: Humas KLHK

Berita Terkait

Informasi Lainnya

Statistik Website

Membuat script counter dengan Gambar

Akses Hari Ini (Visitor today)
Akses Kemarin (Yesterday)
Total Pengunjung (Visit)

Galeri Foto dan Video